Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir

Walikota Kendari Terus Berinovasi Manfaatkan Teknologi Dan Informasi

e-govDiskominfo | 23 Oct 2020 16:47:31 | Copy Link Berita

JARI - Walikota Kendari H. Sulkarnain K. terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada lingkup Pemerintah Kota Kendari dengan pemanfaatan informasi teknologi.

Walikota Kendari menyampaikan, tidak ada lagi pelayanan yang dilakukan di luar sistem yang ada, olehnya semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bisa berinovasi memanfaatkan teknologi dalam mewujudkan pelayanan prima yang transparan dan akuntabel.

“ Tidak adalagi pelayanan yang dilakukan di luar sistem, kita harus terus berinovasi manfaatkan teknologi dan informasi untuk mewujudkan pelayanan prima yang transparan dan akuntabel sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan yang kita berikan,” ucapnya.

Beberapa Aplikasi berbasis pelayanan publik telah diterapkan oleh pemerintah kota seperti, Layanan Integrasi Kendari ( LAIKA ) dengan konsep penerapan pelayanan surat – surat administrasi di tingkat kecamatan dan kelurahan, Aplikasi Layanan Perizinan, Kesehatan, Aplikasi pelayanan cegah dan tanggap terhadap kebakaran Kendari fire button, Aplikasi layanan Pajak menyapa ( Jakpa ) dan aplikasi Jaga kendari ( JARI ) semua ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan berbasis digital yang mudah, transparan, akuntabel serta bebas dari Suap Pungli dan Gratifikasi .

“Sistem digitalisasi ini akan mempermudah pelayanan di pemerintahan, Dengan pelayanan berbasis aplikasi ini akan meningkatkan kualitas pelayanan aparatur yang terkomputerisasi,“ kata Sulkarnain Kadir.

Sistem digital ini juga lanjut walikota, sangat membantu di saat pandemi yang sedang melanda saat ini.

Untuk mewujudkan pelayanan berbasis digital pemerintah kota kendari mengefektifkan system kerja birokrasi yang lebih baik seperti peningkatan Sumber daya Aparatur yang dapat mendukung pola kerja pelayanan berbasis digital.

Pemerintah Kota Kendari melalui dinas Kominfo Kota akan terus melakukan Monitoring dan Evaluasi terhadap efektivitas pelaksanaan pelayanan berbasis elektronik dengan terus membangun komunikasi dan koordinasi pada semua tenaga Admin yang ada baik di OPD maupun di kecamatan dan kelurahan sehingga semua pelayanan berbasis digital tetap berjalan.

“Kedepannya semua aplikasi ini akan kita integrasikan pada satu portal pemerintah Kota Kendari, dengan begitu masyarakat dapat mengakses keseluruhan layanan yang dibutuhkan dalam satu portal resmi pemerintah kota melalui kendarikota.go id, begitu juga pemerintah daerah lainnya yang ingin mengetahui tentang apa saja yang ada di Kota Kendari, tinggal mengakses website resmi pemerintah Kota Kendari,” ungkap kadis Kominfo Kota Kendari, Moh. Nur Rasak Kamis (22/20/2020)

  • Komentar: