Foto : Sejumlah OPD saat mengikuti Webinar SPBE

Pemkot Ikut Webinar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

e-govDiskominfo | 10 Nov 2020 23:22:48 | Copy Link Berita

JARI - Pemerintah Kota Kendari yang dipimpin Sekda mengikuti webinar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan narasumber Kepala BPK RI, Kepala BPKP, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB dan Gubernur Jawa Tengah. Webinar ini hanya diikuti 42 peserta perwakilan provinsi dan kabupaten/Kota di Indonesia.

Webinar ini menekankan percepatan pelaksanaan SPBE di daerah tahun 2021 salah satunya dengan menerapkan
Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Sekda Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, pemerintah Kota Kendari siap menerapkan SPBE dalam menjalankan sistem pemerintahan. Pemerintah Kota Kendari lanjutnya akan menggunakan SIPD namun masih tetap menggunakan SIMDA.

" Kita masih akan menggunakan keduanya, baik SIMDA maupun SIPD. Kita belum meninggalkan SIMDA karena SIPD masih belum banyak diketahui," jelasnya.

Menurutnya SIPD merupakan sistem baru yang masih belum banyak diketahui, sehingga masih perlu sosialisasi secara masif ke daerah.

Kadis Kominfo Kota Kendari Moh. Nur Rasak menjelaskan, saat ini hampir semua OPD di Kota Kendari sudah menerapkan SPBE dan siap mendukung kebijakan pemerintah pusat.

"Di Kota Kendari sudah diterapkan SPBE diantaranya, BPAKD, Bappeda dan kelurahan," ungkapnya.

Turut hadir dalam Webinar di media Center Kota Kendari, Inspektur Kota Kendari dan Irban, Kepala Bappeda dan sekretaris, Kepala Bapenda, Kepala BKAD dan Kepala BKPSDM beserta sekretaris.

  • Komentar: