Sekot Kendari, Nahwa Umar,Se.,MM

Sekot Kendari Minta Warga Menggunakan Aplikasi JARI

e-govDiskominfo | 2020-09-02 16:03:50 | Copy Link Berita

JARI - Layanan administrasi kependudukan (adminduk) kini jauh lebih mudah. Warga tak perlu lagi repot-repot ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari. Sejak tanggal 1 September, Disdukcapil telah membuka layanan secara online. Sekretaris Kota Kendari, Hj. Nahwa Umar mengungkapkan melalui Jari, masyarakat yang hendak mengurus administrasi kependudukan seperti e-KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, maupun pindah domisili masuk atau keluar Kota Kendari itu bisa terlayani dengan mudah.

Melalui Jari lanjut Nahwa, masyarakat bisa mengetahui persyaratan apa yang hendak dibawa ketiga ke Kantor Disdukcapil. Dengan begitu kata Nahwa, masyarakat tidak perlu lagi bolak-balik hanya untuk mencari persyaratan yang dibutuhkan. “Misalnya mau urus e-KTP. Disitu (aplikasi jari) sudah diterangkan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Masyarakat tinggal lengkapi saja dan daftar secara online di aplikasi Jari. Setelah di Disdukcapil masyarakat tinggal melakukan foto atau pencetakkan saja,” kata Nahwa. Dalam waktu dekat, Jari juga bisa didownload melalui play store. Saat ini, prosesnya masih menunggu persetujuan dari google ”Saya dapat informasi dari Inspektorat kalau aplikasinya. Insyah Allah, sudah bisa diperoleh di play store pekan ini.

Untuk sementara bisa mengaksesnya atau mendownload melalu website,” jelasnya.
Nahwa yakin inovasi pelayanan ini akan berhasil mengurai kepadatan pengurusan administrasi kependudukan di Disdukcapil Kota Kendari serta bisa memutus mata rantai perilaku Suap, Pungli dan Gratifikasi.

  • Komentar: