Wali Kota Saat meresmikan Pusat Penanganan Penyakit Infeksi

Wali Kota Resmikan Pusat Penanganan Penyakit Infeksi Kota Kendari

e-govDiskominfo | 01 Dec 2020 16:57:56 | Copy Link Berita

JARI - Demi meningkatkan mutu pelayanan serta untuk menangani penyakit infeksi, Walikota Kota Kendari H.Sulkarnain K meresmikan Gedung Infection Center (Pusat Penanganan Penyakit Infeksi) RSUD Kota Kendari, Selasa (01/12/2020)

Peresmian ditandai dengan Penekanan Tombol dan Penandatangan Prasasti oleh Walikota, Pelepasan Balon Oleh Wakil Walikota, serta Pengguntingan Pita Oleh Ketua TP-PKK Kota Kendari.

Gedung yang di diresmikan ini terintegrasi seusai dengan standar penanganan Covid-19, serta sesuai dengan Permenkes No. 24 tahun 2016 Tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit.

Pada kesempatan itu Walikota Kendari mengapresiasi kinerja petugas kesehatan sebagai garda terdepan selama masa pandemi ini.

"Pada seluruh jajaran termasuk tenaga medis yang sudah bekerja keras dan mengerahkan semua kemampuan untuk menangani Covid 19, bahkan tidak kurang dari mereka yang harus terpapar, harus kita apresiasi dan beri dukungan," ucapnya

Lebih lanjut Walikota mengatakan, gedung infection center ini diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi masyarakat Kota Kendari dalam melawan Wabah Covid-19.

"Meskipun Gedung Infection Center sudah dapat kita manfaatkan hari ini, kita menghimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin serta protokol kesehatan terus dipatuhi," ungkapnya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum mengungkapkan, Gedung Infection Center mempunyai fungsi penanganan untuk menangani penyakit infeksi seperti TBC, HIV terutama pada masa Pandemi Covid 19.

Rahminingrum menambahkan, "Dengan bantuan kita semua, dukungan Walikota dan Wakil Walikota apabila kita semua bekerja sama pandemi Covid 19 akan bisa kita lewati," tutupnya.

Gedung Infection Center RSUD Kota Kendari memiliki Ruang Perawatan isolasi sebanyak 40 kamar , UGD 24 jam yg dilengkapi dengan ruang dekontaminasi, laboratorium biomolekuler yang akan melayani pemeriksaan PCR, Radiologi yg dilengkapi dengan mobile x-ray, ICU, Ruang depo farmasi, Ruang pemulasaran jenazah, Serta Instalasi Osigen terpusat guna mendukung perawatan penyakit infeksius , khususnya selama masa pandemi Covid 19.
Turut hadir dalam peresmian tersebut Wakil Walikota Kendari, Ketua DPRD Kota Kendari, Kajari Kendari, Ketua Penggerak PKK Kota Kendari, Dandim 1417 Kendari, Kapolres Kendari serta Jajaran Pejabat dan tenaga medis RSUD Kota Kendari.

  • Komentar: