Siska Karina Imran bersama Pejabat Radio Republik Indonesia (RRI) Kendari

Besarnya Peran Ibu Dalam Menjaga Keluarga

e-govDiskominfo | 22 Dec 2020 22:48:46 | Copy Link Berita

JARI - Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran berdialog di Radio Republik Indonesia (RRI) Kendari tentang perempuan berdaya, Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020).

Menurut Siska di masa pandemi ibu mempunyai peran yang besar dalam menghadapi pandemi COVID-19, utamanya dalam memastikan kesehatan keluarga dan menerapakan protokol kesehatan.

Dia menjelaskan, seorang ibu harus kuat menghadapi berbagai tantangan selama pandemi COVID-19, mulai dari menopang ekonomi keluarga membantu kepala keluarga, apalagi seorang ibu yang bekerja seorang diri (orang tua tunggal).

"Kondisi tidak mudah memang sangat dirasakan para ibu selama pandemi, mulai menjaga kesehatan keluarga, mengatur ekonomi keluarga dan menambah pendapatan keluarga," ungkapnya.

Ibu 32 tahun ini mengaku, kondisi pandemi yang menyebabkan siswa harus belajar dari rumah, cukup menguras perhatian para ibu, karena fokus mereka bertambah dalam mengawal anaknya belajar.

Meskipun tidak mudah, Siska yakin para ibu masih bisa bertahan dan lebih kreatif utamanya dalam membantu ekonomi keluarganya.

Dia hari ibu ke 92 ini, dia meminta para ibu dan perempuan di Indonesia untuk terus mengasah kemampuannya, dan tidak mudah menyerah menghadapi situasi saat ini.

"Jangan mudah menyerah, harus berani mencoba, jangan pernah takut mencoba meskipun belum ada yang melakukan, tapi takutlah tidak melakukan apa-apa atau tidak mencoba," ungkapnya.

Wakil wali kota juga memberikan apresiasi pada ibu-ibu yang bergerak dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang masih bertahan di masa pandemi.

Dialog juga dilanjutkan di Media Kendari Televisi dalam program Bincang Kita mengangkat tema peran perempuan dalam kepemimpinan dan politik.

Dia menjelaskan menjadi seorang pemimpin punya tantangan tersendiri, namun dia tak akan menyerah menghadapi tantangan itu.

"Pribadi saya akan mencoba dan tidak akan menyerah, apapun itu saya akan hadapi," tegasnya.

Dia menambahkan meskipun menjadi seorang pejabat, perannya sebagai ibu tetap menjadi yang utama, apalagi saat ini anaknya masih sedang lucu-lucunya dan butuh perhatian serta kasih sayang.

  • Komentar: