Screenshot Aplikasi Jari di Playstore

Aplikasi Jari Kini Telah Tersedia Di Playstore

e-govDiskominfo | 2020-09-04 19:13:43 | Copy Link Berita

JARI - Bukan orang Kendari jika tak punya JARI. Instal sekarang, dapatkan manfaatnya.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jaga_kendari. Berikut panduan mengunakan Aplikasi JARI (Jaga Kendari)

Aplikasi Jaga Kendari – JARI adalah sebuah kebijakan dalam rangka mewujudkan pemberian layanan administrasi pemerintahan pada Pemerintah Kota Kendari yang bebas Suap, Pungli dan/atau Gratifikasi. Pengembangan aplikasi dilakukan oleh Inpektorat Kota Kendari dengan dukungan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kendari ser seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Kendari, yang dalam jangka Panjang merupakan titik awal mengadaptasi konsep kota cerdas atau Kendari Smart City melalui optimalisasi teknologi informasi komunikasi untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengontrol berbagai macam data secara efektif dan efisien dalam rangka mewujudkan visi Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi.

Prosedur Kerja
1. Masyarakat dapat mengakses aplikasi melalui situs kendarikota.go.id atau melalui playstore bagi pengguna android dan/atau dengan metode lainnya yang memudahkan bagi masyarakat untuk mengakses aplikasi;

2. Fitur yang dapat dengan mudah diakses dalam aplikasi berisi beragam informasi dan data resmi Pemerintah Kota Kendari tentang layanan administrasi pemerintahan, berupa informasi dan data yang terpublikasi, jenis layanan administrasi yang tersedia, informasi persyaratan dalam pengurusan administrasi, lokasi instansi pelayanan, rilis berita terkini, publikasi informasi jumlah layanan yang terlayani secara berkala, pengecekan ketersediaan stok blangko, dan nomor kontak instansi atau personil ASN yang dapat dihubungi terkait dengan layanan administrasi selama jam kerja atau jam operasional layanan dan/atau pengaturan waktu tertentu yang akan diatur lebih lanjut;

3. Fitur yang dapat diakses dengan pembatasan atau kewajiban memenuhi syarat tertentu, yaitu saluran pengaduan dan pengambilan nomor antrian. Bagi masyarakat yang ingin mengakses fitur tersebut, maka terlebih dahulu diwajibkan melakukan pendaftaran atau membuat akun dengan mengisi Nama Lengkap sesuai KTP/KK/SIM, Nomor KTP/KK/SIM, Nama Akun, dan Kata Kunci. Untuk selanjutnya akses terhadap fitur dapat dilakukan dengan login menggunakan Nama Akun dan Kata Kunci yang telah didaftar tersebut.

4. Saluran Pengaduan atau fitur aduan, merupakan sarana untuk mendorong transparansi pemberian layanan administrasi pemerintahan dengan melibatkan masyarakat untuk memantau, mengawasi, mengusulkan saran perbaikan dan/atau menyampaikan permasalahan, dugaan penyimpangan, dan kritikan; serta mendorong dan melibatkan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) untuk merespon feedback dari masyarakat tersebut. Uraian aduan dengan jelas dan lengkap dengan menggunakan Bahasa Indonesia disertai dengan lokasi dan waktu kejadian atau bila perlu dengan bukti pendukung jika ada;

5. Antri atau fitur ambil antrian, merupakan konsep untuk memaksimalkan pelayanan secara efektif dan efisien serta membangun karakter budaya individu yang baik bagi masyarakat dan petugas layanan. Fitur ini juga dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi setiap pengguna layanan dan kesamaan hak akses masyakarat terhadap layanan administrasi pemerintahan serta sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan pemberian layanan administrasi pemerintahan yang bebas Suap, Pungli dan/atau Gratifikasi;.

  • Komentar:
  • AHMAD MASHURI CAPIL 1 Thn
    message user image
    Mantap inofasinya