Petugas Inspektorat menjelaskan Aplikasi Jari kepada warga

Antusias Masyarakat Menyambut Program Jaga Kendari (JARI)

e-govDiskominfo | 2020-09-06 18:51:54 | Copy Link Berita

JARI - Antusias masyarakat menyambut program Jari sangat tinggi terbukti sejak pertama kali di ujicoba (senin,31/09/2020) Pendaftar melalui Aplikasi ini telah 1311 akun dengan daftar Antrian mencapai 1200 warga (Minggu,06/09/2020). Satu di antaranya warga kecamatan Wua-Wua, Ibrahim (40) yang diwawancarai mengaku menyambut baik adanya aplikasi ini.

"Saya sebagai masyarakat sangat menyambut baik adanya aplikasi ini, saya bisa mengambil antrian dan melihat antrian berjalan dari rumah, adanya jaminan kepastian urusan selesai serta dapat melapor jika saya dipermainkan oleh oknum," ucapnya saat diwawancarai, Jumat (04/08/2020). Ibrahim juga menambahkan dengan adanya informasi yang dimasukan kedalam aplikasi tersebut mudahkan baginya mengetahui info seputar pembangunan Kota kendari.

Hal tersebut juga di amini oleh warga Kecamatan Kendari, Hamidah (56), menurutnya dengan adanya Aplikasi Jari ia berani mengurus sendiri administrasi kependudukannya.

“dengan adanya Aplikasi Jari sekarang saya berani mengurus sendiri administrasi kependudukan saya tanpa harus lagi mengenal 'orang dalam'.

Ia juga berharap Program ini terus di jalankan oleh Pemkot “saya berharap Program Jari tetap dipertahankan oleh Pemkot karna manfaatnya langsung dirasakan masyarakat kecil seperti saya”. lanjut, Ia sendiri mengetahui adanya aplikasi ini dari tetangganya “saya tahu adanya Aplikasi ini dari tetangga yg baru-baru ini mengurus administrasi Kependudukan, saya cari di Playstore ehh ternyata ada, saya download, langsung saya daftar,” ungkapnya.

Menurut Inspektur Kota Kendari Syarifuddin Aplikasi ini prinsipnya ada 3 fitur utama, yaitu Publikasi informasi dan data layanan, Saluran Pengaduan, serta Ambil Antrian.

“Prinsipnya Aplikasi ini ada 3 fitur utama, yaitu Publikasi informasi dan data layanan, Saluran Pengaduan, serta Ambil Antrian. Lanjut, melalui program ini layanan administrasi pemerintahan utamanya pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta kelurahan dan kecamatan menjadi lebih transparan, akuntabel, tepat waktu, murah, mudah tanpa biaya, dan tanpa SPG,” jelasnya. Untuk itu ia mengajak masyarakat Kota Kendari menginstal aplikasi JARI melalui Playstore, tutupnya.

  • Komentar: