Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, SE, Ak, MSA saat memberikan materi kepada CPNSD

Inspektur Tutup Laboratorium Integritas Calon ASN Kota Kendari

e-govDiskominfo | 14 Jan 2021 21:02:12 | Copy Link Berita

JARI - Inspektur Kota Kendari Syarifuddin SE, Ak., MSA menutup kegiatan Laboratorium Integritas Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kota Kendari tahun anggaran 2019 di aula serbaguna Inspektorat, Kamis (14/01/2021).

Inspektur mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Inspektorat dan BKPSDM Kota Kendari. Dimana, Pemerintah Kota Kendari tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan kegiatan orientasi dikarenakan pandemi Covid-19. Sehingga diputuskan untuk menggelar kegiatan Pendidikan Dasar Anti Korupsi dan pengenalan lingkungan kerja untuk CPNSD angkatan 2019.

"Kegiatan ini bertujuan agar calon pegawai negeri sipil dapat memperoleh pemahaman secara dini, tentang apa itu anti korupsi dan pengenalan lingkungan kerja," ungkapnya.

Lebih lanjut Inspektur mengungkapkan, kegiatan Pendidikan Dasar Anti Korupsi dan pengenalan lingkungan kerja CPNSD ini, dilaksanakan selama 3 hari dengan jumlah peserta sebanyak 93 orang yang dilaksanakan dua sesi setiap harinya. yaitu, pagi dan siang hari .

"Kami setiap harinya menggelar kegiatan ini dengan 2 sesi, dimana setiap sesinya itu dihadiri kurang lebih 15-17 orang selama 3 jam pelaksanaan dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

"Rangkaian kegiatan ini diisi dengan pengenalan dasar pendidikan anti korupsi, kemudian pengenalan lingkungan kerja dan di akhiri dengan pengenalan Program Jaga Kendari (JARI)," terangnya.

Inspektur Berharap, melalui kegiatan ini, 93 CPNS bisa mewarnai dinamika serta tugas pokok dan fungsi yang ada di Pemerintah Kota Kendari.

"Kami tau mereka ini telah melalui suatu proses perekrutan yang kami bisa pastikan bahwa di dalam proses tersebut, betul- betul jauh dari korupsi. Olehnya kita berharap, mereka - mereka inilah tunas-tunas bangsa, tunas ASN yang bisa memberikan teladan bagi teman- teman di lingkup Pemerintah Kota Kendari," harapnya.

Sementara Kepala BKPSDM melalui Sekretarisnya Yusuf Jato mengatakan, dalam kegiatan ini, BKPSDM turut ambil bagian dalam memperkenalkan lingkungan organisasi Pemerintah Daerah Kota Kendari, Kepada Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) formasi 2019.

"Kami memperkenalkan visi dan misi Kota Kendari, memperkenalkan struktur organisasi, tata kerja yang telah dibangun selama ini oleh Pemerintah Kota Kendari. Kemudian hal- hal yang berkaitan dengan etika dan tata nilai dasar yang harus dipatuhi oleh teman- teman CPNSD ke depannya," katanya.

"Kami sangat berharap melalui kegiatan ini, 93 orang teman- teman CPNSD dapat menjadi ASN yang sangat profesional yang memahami tugas pokok dan fungsinya serta berintegritas, kompeten sehingga mampu memberikan kontribusi yang potitif dalam rangka pembangunan Kota kendari saat ini dan masa yang akan datang," harapnya.

Hal senada yang sama diungkapkan Inspektur Pembantu (Irban) Investigasi Inspektorat Kota Kendari Mulyadi Muntu mengatakan, dengan selesainya kegiatan pelatihan ini, diharapkan kepada 93 orang CPNSD tahun anggaran 2019 ini, dapat menjadi ASN yang handal dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya ke depan.

Kusuma citwardani salah seorang peserta mengungkapkan, kegiatan yang diselenggarakan Inspektorat Kota Kendari ini cukup bagus serta banyak informasi-Informasi penting yang didapatkan.

"Kegiatan ini cukup bagus, sebab kita banyak mendapatkan informasi. Seperti gratifikasi, pengenalan bagaimana proses pertama kali kita masuk kerja beserta tahapan-tahapan bagaimana cara pengembangan karir dan masih banyak lagi yang lainya," ungkapnya.

  • Komentar: