Foto : Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir saat memberikan bantuan

Buka Rakor SLRT, H. Sulkarnain Serahkan Bantuan PKH

e-govDiskominfo | 18 Jan 2021 16:40:14 | Copy Link Berita

JARI - Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K, SE., ME membuka Rapat Koordinasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) tingkat Kota Kendari, Senin (18/01/21).

Acara ini juga dirangkaian dengan penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) PKH dan PLT kepada warga masyarakat di lapangan kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari.

Mengawali sambutanya wali kota mengapresiasi jajaran Dinas Sosial (Dinsos) dan PT. Pos serta pilar-pilar Dinas Sosial atas kinerjanya yang telah banyak mendapat ruang apresiasi masyarakat Kota Kendari.

"Melalui kesempatan ini saya menaruh hormat dan apresiasi Kepada Kepala Kantor POS dan seluruh Pilar-pilar sosial yang telah menunjukkan kinerja yang luar biasa. Meskipun di masa pandemi Covid-19, masyarakat tetap bisa mendapatkan haknya dengan baik, meskipun kita menyadari bahwa masih ada pihak-pihak yang belum bisa mendapatkan pelayanan secara maksimal, sehingga melalui kegiatan ini kita dapat menyempurnakan ketinggalan-ketinggalan kita di tahun 2020," ungkapnya.

Wali kota juga mengaku, pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah banyak menggagas program-program sosial diantaranya program PKH, Bantuan Sosial Pangan (BSP), Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan Bantuan Beras sejahterah (Rastra) yang semuanya dikelolah oleh Dinas Sosial, serta ada juga program-program lain yang di kelolah oleh dinas terkait seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Jamkesda yang ditangani Dinas Kesehatan serta Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang di kelola oleh Dinas Pendidikan.

"Olehnya melalui kesempatan ini saya berharap kepada seluruh pilar-pilar sosial, agar hadir secara utuh menjalankan tugasnya dengan baik, serta membangun sinergitas dan kolaborasi semua pihak khususnya terkait pelayanan sosial di Kota Kendari sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat kita lakukan dengan baik," kata Pasangan Siska Karina Imran ini.

Sementara Kadis Sosial Kota Kendari Drs. H. Indra Muhammad dalam laporanya mengatakan, sejak tahun 2019 hingga 2021, 50 persen data pusat kesejahteraan sosial dan SLRT telah divalidasi di masing-masing Puskesos dan kelurahan.

"Tantangan kita kedepanya adalah bagaimana data kita ini bisa 100% di up date dengan valid sehingga data kemiskinan di Kota Kendari dapat ditata dengan baik dan bisa dimanfaatkan baik itu di pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi," harapnya.

Selain itu dia juga mengungkapkan, Puskesos telah memfasilitasi masyarakat yang tidak mampu yang butuh penanganan medis.

"Beberapa persoalan masyarakat telah kami tangani berkat kerjasama antara Puskesos, Pekerja Sosial (Peksos), dan SLRT diantaranya, kami telah memulangkan beberapa masyarakat terlantar di daerahnya yang kurang lebih 40 tahun lamanya tidak bertemu keluarga serta beberapa persoalan lainnya," tuturnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini bisa terbangun pemahaman tentang SLRT, Puskesos dan sinergi serta komunikasi antara pemerintah daerah, kementerian, lembaga serta stakeholder, sehingga lebih intensif dalam pelaksanaan program dan bisa tepat sasaran.

Kegiatan ini dihadiri Pimpinan Bank Indonesia perwakilan Provinsi Sulawesi Tanggara, Pimpinan Bank Sultra, Kepala PT. Kantor Pos, dan kepala OPD Pemerintah Kota Kendari.

  • Komentar: