Irban Investigasi, Mulyadi Muntu saat memberikan pemaparan mengenai WBS

Inspektorat Kendari Lindungi Identitas Pelapor Pada Layanan WBS

e-govDiskominfo | 27 Jan 2021 14:32:20 | Copy Link Berita

JARI - Memasuki hari ke - tiga pelaksanaan sosialisasi Whistle Blowing System (WBS), Inspektorat Kota Kendari Bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) disambut hangat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Rabu (27/01/21).

Irban Investigasi (Irves) Inspektorat Kota Kendari Mulyadi mengungkapkan, selain mempermudah, pelaporan melalui WBS juga menjamin kerahasiaan dan keamanan pihak pelapor.

"Jadi bagi pihak pelapor yang mengajukan laporanya ke WBS, kami akan jaga dengan baik kerahasiaan identitasnya. Olehnya, jangan ragu melakukan pelaporan untuk bersama mewujudkan Kendari bebas dari suap, pungli dan gratifikasi," ucapnya.

Lebih lanjut Mulyadi mengungkapkan, dalam sebuah pelaporan ada kriteria dimana sebuah laporan itu layak untuk diproses.

"Jadi perlu jelas, masalah yang dilaporkan apa, siapa yang dilaporkan, lokasi dan waktu kejadian, sehingga dapat mempermudah petugas dalam melakukan investigasi," jelasnya.

Sekertaris DLHK Kota Kendari Arifin Rauf mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dan sangat membantu dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih.

"Saya kira ini bagus dan membantu Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melakukan suatu laporan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang berada di unit kerja, agar terwujud pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi," ucapnya.

Sebagaimana yang diketahui pelaksanaan sosialisasi WBS ini bertujuan memberikan ruang bagi setiap masyarakat, ASN untuk melakukan pelaporan terhadap suatu tindak pelanggaran seperti, pelanggaran disiplin ASN, peraturan perundang-undangan baik bidang kepegawaian umum dan bidang pidana umum serta pidana khusus termasuk peraturan dan ketentuan lain yang dilakukan oleh ASN.

Kegiatan yang berlangsung di bawah penerapan protokol kesehatan ini di hadiri Kabid egovernment Dinas Kominfo Kota Kendari Wawan Astanto beserta tim, Irban Investigasi Inspektorat beserta tim, serta pejabat dan staf DLHK.

  • Komentar: