Inspektur Kota Kendari Syarifuddin SE, Ak., MSA saat Memberikan Penjelasan Mengenai WBS

Inspektorat Tuntas Gelar WBS

e-govDiskominfo | 31 Jan 2021 20:38:14 | Copy Link Berita

JARI - Inspektorat bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari gelar sosialisasi Whistle Blowing System di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Kendari .

Berdasarkan jadwal Pelaksanaanya, Inspektur Kota Kendari Syarifuddin SE, Ak., MSA mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, melibatkan beberapa OPD terkait yaitu, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari.

Inspektur juga mengungkapkan, WBS merupakan sebuah inisiasi Inspektorat Kota Kendari, yang ingin serius menangani aduan-aduan masyarakat terkhusus aduan yang terindikasi tindak pidana korupsi.


Hal ini diungkapkanya, saat memimpin sosialisasi WBS di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Jumat (29/01/2021).

Menurut Inspektur, layanan aduan WBS ini dikembangan dari aplikasi Jaga Kendari (JARI), sehingga cakupannya menjadi lebih luas.

“Pengembangan ini kita ingin semua berbasis teknologi, sehingga lebih cepat dan mengurangi interaksi fisik di masa pandemi Covid-19, dalam mewujukan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni Yang berbasis Ekologi, Informasi dan Tekhnologi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Inspektur mengatakan, atas aduan yang disampaikan melalui WBS, pihaknya menjamin dengan pasti karahasian identitas bagi setiap pelapor.

“Yang kami butuhkan informasinya, sehingga kita dapat memperbaiki dengan cepat persoalan-persoalan yang sama-sama kita tidak harapkan,” kata Syarifuddin.

Kadis Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum mengatakan, layanan aduan WBS dapat membantu dalam mencegah suap, pungli dan gratifikasi.

“Kami merasa sangat terbantu dalam layanan aduan WBS ini, sebab ini dapat menjadi kontrol untuk kita terhindar dari suap, pungli dan gratifikasi,” ungkapnya.

Untuk diketahui layanan aduan WBS ini masih dalam tahap pengembangan dan saat ini masih dalam tahap sosialisasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Kendari. Kedepanya akan melibatkan masyarakat, agar seluruh layanan kepada masyarakat ataupun managemen tata kelola pemerintahan dapat terawasi dengan baik.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Inspektur Kota Kendari, Kadis Kesehatan, Irban Investigasi beserta tim, Kabid E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari beserta tim, serta pejabat dan staf Dinas

  • Komentar: