H. Sulkarnain saat menyerahkan bantuan langsung ke Warga

H. Sulkarnain Bantu Sarpras Budidaya Perikanan Dan KUSUKA

e-govDiskominfo | 02 Feb 2021 17:51:28 | Copy Link Berita

JARI - Wali Kota Kendari H. Sulkarnain K. SE., ME didampingi Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari Imran Ismail menyerahkan Bantuan Sarana dan Prasarana Budidaya Perikanan Serta menyerahkan Kartu Kartu Usaha Perikanan (Kusuka) dan Klaim Asuransi di Kelurahan Anawai, Kecamatan Wua-wua,. Selasa (02/02/2021)

Dengan adanya penyerahan Kartu Kusuka diharapkan dapat memudahkan para pelaku usaha untuk mengakses transaksi online serta memudahkan akses pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR), dalam kegiatan tersebut sebanyak 14 kelompok usaha budidaya menerima bantuan yang berasal dari dana APBD tahun 2020 kemarin.

H.Sulkarnain K mengungkapkan Pemkot Kendari memiliki program asuransi yang merupakan jaminan bagi nelayan.

“Program Pemerintah Kota Kendari yang tak kalah pentingnya adalah program Asuransi Nelayan, yang merupakan Kerjasama Pemkot Bersama Asuransi Jasindo. Asuransi nelayan ini merupakan jaminan bagi nelayan yang apabila melakukan aktifitas melaut mengalami musibah, akan mendapat jaminan dalam bentuk santunan,” tutur Wali Kota Kendari

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari H.Imran Ismail menerangkan terdapat 147 penerima kartu Kusuka yang sudah siap untuk di salurkan.

“Penerima Kartu Usaha Perikanan (Kusuka) diwakili oleh dua penerima, yang mana tahun 2020 kemarin 147 penerima Kartu Kusuka sudah siap disalurkan bekerjasama dengan dengan BNI serta sebelas klaim asuransi berkerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan bagi nelayan yang terkena musibah 2020 kemarin sebesar 498 juta Rupiah,” ungkap Imran

Lebih lanjut Imran menambahkan, Manfaat Kartu Kusuka, memudahkan nelayan untuk bertransaksi serta memudahkan nelayan untuk mendapatkan bantuan.
Budidaya Perikanan merupakan salah satu bentuk usaha masyarakat masyarakat selama Pandemi Covid-19 serta merupakan bentuk mendukung usaha pemerintah dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Di tempat yang sama Ketua Kelompok Pembudidayaan Cyprinus, selaku perwakilan penerima bantuan Budidaya Perikanan mengatakan, bantuan yang di berikan oleh Wali Kota Kendari sangat bermanfaat bagi mereka terutama saat mewabahnya Covid 19.

“Bantuan yang di berikan oleh bapak Wali Kota, kami rasakan sekali manfaatnya utamanya mewabahnya virus Corona. Sehingga dengan adanya bantuan ini meskipun kami di rumah kami tetap beraktivitas dengan mengelola bantuan yang diberikan,” ungkap Rusmin

Ia mengatakan, Sarana prasarana yang di berikan berupa bibit lele, tarpal pembudidayaan dan pakan lele.

“Bibit ikan lele, nila dan ikan mas di bantuan awal itu kami diberikan 1500 tiap satu komoditi untuk pakannya dua karung masing – masing 390 kg sudah mencukupi sampai panen, Rusmin.

Sementara itu Ketua RW.07 Anawai, Mahrudin Sangat bangga dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan pemberian bantuan kali ini.
“ Kami sangat merespon positip kegiatan ini, yang kami persiapkan adalah, pekarangan, kelompok budidaya, yang terdiri dari 10 dan orang masing-masing orang mendapat 9 ember” Ujar Mahrudin.

Diakhir acara Walikota Kendari meninjau hasil-hasil budidaya perikanan yang dilakukan Kelompok-kelompok Budidaya yang dibina Dinas Perikanan Kota Kendari.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRD Kota Kendari, Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Perwakilan Bank BNI cab. Kendari, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cab. Kendari, Kepala OPD Lingkup Pemkot Kota Kendari, Camat Wua-wua, Kapolsek Wua-wua, Danramil Wua-wua, Lurah se-Kecamatan Wua-wua serta Pelaku usaha perikanan.

  • Komentar:
  • ENI MISNI ARWATI 1 Thn
    message user image
    Mantap
    JARI-Jaga Kendari 1 Thn
    message user image
    Terima kasih, Ibu Eni Misna Arwati Atas dukungan ibu.