Sekda Kota Kendari saat rapat bahas kerjasama

Sekda Pimpinan Rapat, Bahas Kerjasama Pemkot

e-govDiskominfo | 20 Feb 2021 00:37:26 | Copy Link Berita

JARI - Pemerintah Kota Kendari (Pemkot) dalam hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari H. Nahwa Umar, SE., MM dan Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKDD) Kota Kendari bersama National Support for Local Investment Climates (NSLIC) membahas kerjasama antar daerah dalam perumusan pemetaan potensi unggulan.

Sekda Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan potensi kemajuan Daerah Kota Kendari, sehingga Pemkot sangat menyambut potensi unggulan ini. Diketahui bahwa, program NSLIC sendiri telah membantu penguatan investasi ekonomi di Kota Kendari.

Kerjasama antar daerah merupakan satu program bantuan teknis yang akan didukung NSLIC dan dihubungkan sesuai arah kebijakan nasional terkait beberapa instrument yang dikembangkan untuk diterapkan di daerah.

Menurutnya, keterbatasan yang dihadapi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam penyelengaraan pemerintahan di era digital saat ini, tidak harus menjadi halangan dalam menyelenggarakan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Salah satu upaya yang dapat membawa manfaat jelas adalah menjalin kerjasama daerah dengan pendekatan saling membutuhkan dan saling melengkapi,” kata Nahwa Umar.

Kata Sekda, sesuai amanat pasal lima Permendagri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerjasama Daerah dengan Daerah Lain dan Kerjasama Daerah dengan Pihak Ketiga bahwa daerah yang menyelenggarakan kerjasama wajib melakukan identifikasi dan pemetaan urusan pemerintahan yang akan dikerjasamakan berdasarkan potensi dan karakteristik daerah.

Dia berharap, hasil kegiatan hari ini mendukung TKKD dalam menjalankan tugas dan fungsinya yang berdampak pada peningkatan investasi dan ekonomi di Kota Kendari, serta peningkatan ekonomi dan investasi di Sulawesi Tenggara (Sultra) secara luas.

“Pemetaan ini penting dilakukan untuk memastikan objek dan subjek kerjasama serta aspek lainnya yang dibutuhkan dalam kerjasama daerah. Setelah penandatanganan kesepakatan bersama tentang keunggulan-keunggulan daerah yang ada dalam pemetaan dapat ditindaklanjuti dengan dokumen kesepakatan bersama atau perjanjian kerjasama daerah,” ungkap Nahwa Umar.

Kerjasama ini untuk mendukung ekonomi lokal, seperti perdagangan karena Kota Kendari merupakan miniature kota metropolitan yang didukung dengan pelabuhan dan transit perdagangan.

Untuk diketahui potensi kerjasama Kota Kendari meliputi potensi perdagangan antar pulau, pertanian, perikanan, peternakan, air bersih, wisata alam, wisata bahari, dan unsur pengolahan kerajinan.

  • Komentar: