Sekda Kota kendari bersama Tim KKSD Kota Kendari

Di Pimpin Nahwa Umar, Tim KKSD Petakan Potensi Kota Kendari

e-govDiskominfo | 18 Mar 2021 17:56:26 | Copy Link Berita

JARI - Menindaklanjuti hasil Rapat Pemetaan Potensi Daerah yang terdapat pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hari ini Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Kota Kendari mengadakan Rapat Pleno Pemetaan Potensi Daerah yang akan dikerjasamakan bersama fasilitator National Support for Local Investment Climates (NSLIC)/ National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED)di Rujab Wali Kota Kendari, Kamis (18/3).

Rapat yang dihadiri secara Virtual oleh Direktur Dekonsentrasi Tugas Perbantuan dan Kerjasama Kemendagri, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa Umar, SE., MM, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Rapat Pleno tersebut sangat penting sebab berkaitan dengan potensi unggulan daerah, serta untuk memastikan objek dan subyek kerjasama serta aspek lainnya, dalam mengatasi berbagai keterbatasan-keterbatasan yang terjadi dalam melakukan identifikasi pemetaan daerah.

"Kami sangat berharap, apa yang kami plenokan hari ini bisa disambut oleh Pemerintah Pusat, dan khusus pada bidang-bidang yang akan kami plenokan, telah dimasukkan dalam RPJMD Kota Kendari. Semoga setelah pleno di Kota Kendari, Kabupaten/Kota lain bisa segera menyusul dan dapat dikoordinasikan dengan Bagian Kerjasama Kota Kendari, agar agenda MOU dapat segera dilaksanakan. Pemetaan tersebut nantinya juga akan menjadi daftar isian terkait sektor urusan pemerintahan yang akan dikerjasamakan dan akan ditindaklanjuti dalam kesepakatan ataupun perjanjian bersama daerah."Terangnya.

Dijelaskan, Kota Kendari sebagai salah satu wilayah kerja NSLIC di Sulawesi Tenggara sangat menyambut adanya Pleno potensi unggulan tersebut, sebab program NSLIC sendiri telah membantu penguatan investasi ekonomi di Kota Kendari. Sekaligus sebagai salah satu upaya yang dapat membawa manfaat luas dengan menjalin kerjasama daerah.

Sekda Kota Kendari disela-sela penyampaiannya menuturkan, melalui kerjasama daerah tersebut dapat menjadi salah satu upaya formasi ekonomi dalam meningkatkan daya saing dan perekonomian daerah dengan memanfaatkan sumber-sumber daya lokal secara sinergis demi meningkatkan kerjasama antar pelaku dalam pengelolaan sumber-sumber daya ekonomi daerah, sesuai amanat pasal 5 Peraturan Meneteri dalam negeri tahun 2020, tentang tata cara kerjasama daerah.

  • Komentar: