Foto : Panitia Indonesia Triathlon Series saat melakukan Survei Lokasi

Siap-siap Warga Kota Lulo, Panitia Triathlon Survei Kendari

e-govDiskominfo | 23 Mar 2021 18:46:10 | Copy Link Berita

JARI - Indonesia Triathlon Series (ITS) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melakukan survei kesiapan menjelang diadakannya ITS ke lima. Kota Kendari ditunjuk sebagai salah satu kota yang berpotensi sebagai tuan rumah tahun ini.

Terdapat lima lokasi yang disurvei untuk pelaksanaan ITS itu, mulai dari Kendari Beach (Kebi) hingga Kebun Raya Kendari yang berada di Nanga - nanga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Kalau di lihat dari sisi rute renangnya, itu saya menemukan Pantai Nambo itu yang paling baik, cuman akses menuju pantai Nambo itu atau kelanjutan setelah renang, rute sepeda itu kurang memungkinkan, jadi kami melihat opsi yang lain itu, di seputaran masjid Al alam," ungkap Dewa Adiputra selaku Jenderal Operasional ITS, Sabtu (20/03/2021)

"Nah sementara untuk Kendari ini kita coba dulu untuk yang jarak terdekat itu sprint. Kategori untuk dewasa yang paling pendek disebut kategori sprint dimana jaraknya kurang lebih 750 meter, sepedanya 20 kilo sama larinya 5 kilo," kata Dewa Adiputra.

Selain itu, kata dia, jika event tersebut berjalan lancar, ada kemungkinan tahun depan pihaknya akan mencoba kategori yang lebih panjang yaitu Standar Kategori di mana renangnya 1.5 kilo, sepedanya 40 kilo, dan larinya 10 kilo.

Sementara itu, Bidang Periklanan ITS Eky menambahkan, triathlon dapat memperlihatkan keindahan alam dari sebuah daerah untuk bisa memunculkan potensi - potensinya.

Selain itu, triathlon bukan hanya sekedar race, tetapi juga dapat memunculkan potensi daerah seperti, budaya serta makanan khas, sehingga masyarakat luas dapat tahu mengenai daerah itu.

Dirinya juga berterima kasih kepada Pemkot atas antusiasme dalam mensukseskan kegiatan yang rencananya akan berlangsung nanti.

"Kami berterima kasih sekali kepada Pemkot bahwa sudah memberikan sambutan yang luar biasa dan Kerjasama yang luar biasa sekali untuk mempersiapkan Kendari Triatlon ini, mungkin ada beberapa titik yang memerlukan pembenahan infrastruktur gitu ya, tapi kami yakin dengan dukungan Pemkot yang begitu solid ini dapat terlaksana dengan baik," tutup Eky.

Triathlon merupakan Multi Sport Event dengan berbagai ragam olahraga, yakni renang, sepeda dan lomba lari.

Ikut dalam survei itu, sejumlah Kepala OPD terkait diantaranya, Kepala Bappeda, Kadis Pariwisata dan Kadis Perhubungan.

  • Komentar: