Ilutrasi KK

Segudang Manfaat Kartu Keluarga

e-govDiskominfo | 24 Mar 2021 01:07:21 | Copy Link Berita

JARI - Mungkin banyak yang belum tahu bahwa pentingnya Kartu Keluarga (KK). Dimusim sekarang ini, bantuan dari berbagai sumber terus berdatangan, semua kalangan mulai dari tingkat rt, rw dan Kelurahan terus bergerak mengkoordinir bantuan yang ada. Layaknya proposal, bantuan yang diajukan tentu harus disertai kelengkapan administrasi, missal calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM), harus melengkapi administrasinya seperti fotocopy Kartu Tanda Penduduk elektrik (KTP- el) maupun KK.

Bilamana dokumen kependudukan tersebut tidak bisa dilengkapi, tentu menambah beban pekerjaan bagi yang hendak mengurus ajuan bantuan seperti rt, rw , puskesos dan Kelurahan sedang bagi yang sudah bisa melengkapinya bisa mempermudah persiapan pengajuan. Pasalnya setiap data yang turun perlu adanya Verifiksai dan Validasi (verivali) yang dicocokan dengan dokumen kependudukan, bilamana tidak ada data pembanding maka kemungkinan pencoretan calon KPM akan tercoret.

Sebenarnya bukan hanya untuk bantuan saja, Kartu Keluarga juga diperlukan untuk membuat KTP-El, mendaftarkan sekolah, keperluan perbankan dan lain-lain.

Lebih luas dari itu, Kartu Keluarga (KK) adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota Keluarga selain itu Kartu Keluarga Kartu juga berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarganya.

Setiap terjadi perubahan karena Mutasi Data dan Mutasi Biodata, wajib dilaporkan kepada Disdukcapil dan akan diterbitkan Kartu Keluarga (KK) yang baru. Pendatang baru yang belum mendaftarkan diri atau belum berstatus penduduk setempat, nama dan identitasnya tidak boleh dicantumkan dalan Kartu Keluarga.

Jadi, bagi kamu yang belum mempunyai Kartu Keluarga, ayo segera urus melalui kantor UPT Disdukcapil, karna selain banyak manfaatnya, kartu ini juga didapatkan secara gratis.

  • Komentar: