Foto : Ilustrasi Bangunan Baru

Tahu Gak Jarilovers, Bedanya IMB Dan PBG ??

e-govDiskominfo | 24 Mar 2021 22:58:41 | Copy Link Berita

JARI - Halo Jarilovers, pernah dengar mengenai IMB atau izin mendirikan bangunan yaitu syarat untuk membangun gedung atau rumah. Nah, saat ini Pemerintah Pusat telah resmi menghapus IMB diganti dengan PBG atau Persetujuan Bangunan Gedung.

Keputusan itu sendiri tertuang dalam pasal 253 Peraturan Pemerintah (PP) No 16/2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No 28/2002 tentang Bangunan Gedung yang ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo

Artinya, dengan keluarnya aturan tersebut maka aturan lama soal pendirian bangunan dalam PP Nomor 36 Tahun 2005 mengenai IMB resmi dicabut. Lalu, apa bedanya IMB dan PBG Jarilovers ?

Baik, IMB merupakan izin yang harus diperoleh pemilik sebelum atau saat mendirikan bangunan, di mana teknis bangunan harus dilampirkan saat mengajukan permohonan izin.

Sementara itu, PBG bersifat sebagai aturan perizinan yang mengatur bagaimana bangunan harus didirikan.

Aturan tersebut berupa bagaimana bangunan harus memenuhi standar teknis yang sudah ditetapkan yaitu berupa perencanaan dan perancangan bangunan gedung, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi bangunan gedung, dan Pemanfaatan bangunan gedung.

Kemudian, ketentuan penyelenggaraan Bangunan Gedung Cagar Budaya (BGCB), ketentuan penyelenggaraan Bangunan Gedung Fungsi Khusus (BGFK), dan ketentuan penyelenggaraan Bangunan Gedung Hijau (BGH).

Lalu, ketentuan penyelenggaraan Bangunan Gedung Negara (BGN), ketentuan dokumen, serta ketentuan pelaku penyelenggaraan bangunan gedung.

Selain itu, perbedaan IMB dan PBG adalah terletak pada tahapannya. IMB yaitu izin yang harus diurus oleh pemilik bangunan, sementara itu, PBG hanya berupa ketentuan soal teknis bangunan.

Jika pemilik bangunan tidak memenuhi kesesuaian penetapan fungsi dalam PBG, maka akan dikenakan sanksi administratif sesuai pada ayat (1) diantaranya : peringatan tertulis, pembatasan kegiatan pembangunan, penghentian sementara atau tetap pada pekerjaan pelaksanaan pembangunan, penghentian sementara atau tetap pada Pemanfaatan Bangunan Gedung, pembekuan PBG, pencabutan PBG, pembekuan SLF Bangunan Gedung, pencabutan SLF Bangunan Gedung hingga perintah Pembongkaran Bangunan Gedung.

Lantas bagaimana jika kamu sudah memiliki IMB ?? tenang saja Jarilovers, jika bangunan kamu sudah terlanjur mendapatkan IMB sebelum peraturan baru terbit, maka izin tersebut masih berlaku hingga kamu belum merubah bentuk banggunan kamu JariLovers.

  • Komentar: