Foto : Ilustrasi Audit

Skill Biasa Saja Mau Di Inspektorat ?? Mikir Lagi Deh...

e-govDiskominfo | 27 Mar 2021 18:35:02 | Copy Link Berita

JARI - Halo Jarilovers, gimana kabar kalian di weekend ini, sehatkan. di edisi yang lalu kita sudah pernah membahas mengenai APIP yaitu Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Ingatkan !

Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas keunikan dari Inspektorat Kota Kendari yang diberi tanggung jawab sebagai pengawas penyelenggaraan tugas pemerintah Kota Kendari atau dengan kata lain auditor internal.

Inspektorat Kota Kendari saat ini dipimpin oleh Inspektur Syarifuddin SE, Ak., MSA yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Secara umum tugas Inspektorat yaitu membantu Wali kota Kendari dalam melaksanakan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah.

Karena beban tugas dan tanggung jawab Inspektorat Kota Kendari sangat besar maka Personilnya juga tentu harus memiliki kemampuan diatas rata-rata. Nah, berikut tugas dan skill yang harus Sobat Jari miliki jika ingin bergabung bersama Inspektorat Kota Kendari.

1. Kemampuan sebagai Auditor Investigation

Auditor Investigasi mempunyai Tugas yaitu melakukan penelaahan dan audit investigasi seperti analisis bukti audit, permintaan keterangan, penyusunan laporan hasil penelaah dan laporan hasil audit investigasi.

Selain tugas diatas Auditor Investigation juga mampu melakukan monitoring tindak lanjut temuan hasil audit untuk mencapai tujuan penelaahan dan audit investigasi yang efektif dan efisien sesuai penugasan dan mengacu pada standar.

Kemampuan yang harus Jarilovers miliki untuk jadi seorang Auditor Investigation yaitu mempunyai pengetahuan audit serta keterampilan dalam menggunakan tools and techniques audit dalam melaksanakan audit investigasi untuk tujuan memperoleh dan memproses data audit yang mengarah pada tindakan fraud seperti irregulaties, illegal, expendation atau abuse of power, serta mendokumentasikan kertas kerja investigasi yang mampu menjawab tujuan audit investigasi.

Selain itu kamu juga harus memiliki keterampilan dalam communication and reporting, sehingga dapat membuat, menganalisa dan menyampaikan hasil analisa dan report secara lisan dan tulisan. Sertifikasi yang sebaiknya kamu miliki adalah CIA, CISA, CFE dan CFrA

2. Kemampuan sebagai Auditor WBS

Jika Sobat Jari di percaya sebagai Irves maka tugas kamu yaitu melakukan penelaahan dan audit investigasi atas pengaduan WBS seperti analisis bukti audit, permintaan keterangan, penyusunan laporan hasil penelaahan dan laporan hasil audit investigasi serta monitoring tindak lanjut temuan hasil audit demi tujuan penelaahan dan audit investigasi yang efektif serta efisien sesuai penugasan yang mengacu pada standar Operasional yang telah dibuat.

Hampir sama dengan Auditor Investigation, Auditor WBS juga memiliki keterampilan dalam menggunakan tools and techniques audit dalam melaksanakan tupoksinya yang mengarah pada tindakan fraud seperti irregulaties, illegal, expendation atau abuse of power, serta mendokumentasikan kertas kerja investigasi yang mampu menjawab tujuan audit investigasi ataupun audit forensik 

Auditor WBS juga umumnya memiliki sertifikasi profesi Internal Audit seperti CIA, CISA, CFE dan juga CFrA

3. Kemampuan Analyst WBS

Jika sobat Jari ditempatkan pada Irban Investigasi maka Analyst WBS wajib kamu miliki, tugas kamu yaitu menganalisa dan mengevaluasi atas pengaduan yang disampaikan melalui Layanan WBS yang melingkupi membuat rekapitulasi pengaduan yang mengandung indikasi awal yang cukup dan termasuk kategori yang dapat ditindaklanjuti untuk selanjutnya didistribusikan kepada Fungsi Pengawas sesuai dengan kategori pengaduan misalnya Suap, Pungli dan Gratifikasi (SPG).

Melakukan monitoring pelaksanaan tindak lanjut penanganan pengaduan WBS yang dilakukan oleh Fungsi Pengawas. Melakukan evaluasi atas realisasi pengelolaan WBS sebagai bahan penyusunan laporan periodik pengelolaan WBS kepada Pimpinan

kemampuan yang harus sobat Jari miliki yaitu mampu memproses data audit khususnya yang mengarah pada tindakan fraud seperti irregulaties, illegal, expendation atau abuse of power, serta mendokumentasikan kertas kerja investigasi yang mampu menjawab tujuan audit investigasi.

  • Komentar: