Inspektur saat menjelaskan pentingnya JARI

Update Data, Amunisi Baru Untuk 'JAGA KENDARI'

e-govDiskominfo | 2020-09-11 02:16:14 | Copy Link Berita

JARI - Inspektorat, Disdukcapil dan Diskominfo Kota Kendari, menambahkan lagi fitur untuk menjaga Kota Kendari melalui Aplikasi JARI. Fitur tersebut adalah Update data, menurut Inspektur Kota Kendari , Syarifuddin saat dihubungi via WhatsApp, Kamis (10/09/2020), fitur tersebut dibuat berdasarkan hasil evaluasi dalam pelaksanaan uji coba minggu pertama.

“Fitur tersebut dibuat berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan uji coba minggu pertama, dimana banyak masyarakat yang berurusan untuk update data tidak perlu melalui antrian atau datang langsung ke Disdukcapil, mereka cukup mengajukan dalam aplikasi JARI dan menyebutkan maksud dan tujuan Update data, disertai dgn nomor NIK atau KK serta dokumen pendukung. Dengan itu, operator dapat melakukan proses penginputan Update Data sesuai dengan urutan yg mengajukan duluan. Ini merupakan terobosan tambahan baru dalam aplikasi JARI, memudahkan, semua orang punya hak akses yg sama, serta mengurangi pertemuan tatap muka dengan petugas” Tegasnya.

Ia berharap dengan adanya tambahan konten tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menjaga Kendari terhindar dari suap, pungli dan gratifikasi.

Sementara itu Kadis Kominfo Kota Kendari Nur Rasak mengatakan, dalam rangka mendukung program pelayanan berbasis informasi dan teknologi, Kominfo Kota Kendari akan terus bekerjasama dengan instansi pengelola baik itu Inspektorat , Disdukcapil, kecamatan dan kelurahan sehingga informasi yang disajikan dalam aplikasi JARI dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelayanan masyarakat.

” Ini merupakan wujud implementasi dari visi dan misi Kota Kendari yang berbasis informasi dan teknologi,” katanya.

Sebagai tambahan, Update data adalah layanan konsolidasi untuk update Nik atau Kartu Keluarga (KK) yang di berikan kepada masyarakat secara online melalui aplikasi JARI. Layanan ini diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami permasalahan dalam penggunaan data kependudukan misalnya tidak bisa mendaftar BPJS, rekening Bank, SIM dll.

  • Komentar:
  • Sulastri 1 Thn
    message user image
    Bagaimana langkah-langkah untuk meng-update data?