Warga saat menggunakan Aplikasi JARI

TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI JARI

e-govDiskominfo | 15 Sep 2020 23:18:56 | Copy Link Berita

JARI - Aplikasi Jaga Kendari merupakan sebuah terobosan Pemerintah Kota Kendari yang di inisiasi oleh Inspektur Kota Kendari untuk mewujudkan layanan pemerintahan yang bebas Suap, Pungli dan Gratifikasi.

Dalam Aplikasi Jaga Kendari terdapat 11 menu dengan beragam fitur antara lain : Informasi dan layanan Disdukcapil, Kecamatan, Kelurahan, Update Data, Berita, Publikasi, Aduan, Cek Blangko, Kontak, Antrian Disdukcapil serta Profil Inspektorat.

Agar dapat menikmati semua layanan pada aplikasi JARI tentu hal pertama yg kamu harus lakukan adalah mengunduhnya. Caranya, buka Playstore di Hp Android kamu, lalu tulis di menu pencarian dengan mengetik ‘JARI KENDARI atau JAGA KENDARI', pilih, setelah itu tekan Instal, selanjutnya Aplikasi JARI siap kamu gunakan. Masuk pada Menu utama ada baiknya langsung mendaftar sesuai dengan nomor identitas kamu, setelah itu nikmati semua layanan pada aplikasi JARI.

Menu, fitur dan cara mengunakan Aplikasi JARI

1. Menu Disdukcapil
Menu Disdukcapil berisi informasi layanan administrasi yang terdapat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari, selain itu juga terdapat Informasi mengenai Alamat Kantor Disdukcapil Kota Kendari berdasarkan peta digital. Caranya :
a. Pilih Menu Disdukcapil
b. Klik Pilih Layanan
c. Pilih layanan yang anda inginkan
d. Lalu akan tertera Informasi lengkap tentang layanan yang anda butuhkan Disdukcapil Capil, Contoh Informasi Layanan Ganti KTP-EL (Hilang dan Perubahan Data, dimana terdapat persyaratan kelengkapan dokumen yg harus dilengkapi

2. Menu Kecamatan
Dalam Menu ini terdapat dua fitur, yang pertama adalah informasi layanan administrasi yang terdapat pada Sebelas Kecamatan se-Kota Kendari, sedang yang kedua adalah informasi mengenai Nama Camat, alamat Kantor dan Nomor Kontak Kecamatan se-Kota Kendari.
Cara pada Fitur Pertama yaitu :
a. Pilih Menu Kecamatan;
b. Klik fitur Cari Layanan;
c. Pilih Layanan yang ingin anda ketahui, selanjutnya;
d. Akan tertera informasi lengkap mengenai jenis layanan dan syarat yang anda butuhkan contoh : izin usaha, dimana terdapat persyaratan kelengkapan dokumen yg harus dilengkapi sebelum mengurus layanan tersebut.
Cara pada Fitur Kedua yaitu :
a. Pilih Menu Kecamatan;
b. Klik fitur Cari Layanan;
b. Pilih Layanan yang anda inginkan, lalu;
c. Akan tertera Informasi lengkap tentang nama Camat, alamat Kantor dan Nomor Kontak.

3. Menu Kelurahan
Dalam Menu ini terdapat dua layanan yaitu pertama, data dan informasi layanan administrasi yang terdapat pada Enam Puluh Lima Kelurahan se-Kota Kendari sedang yang kedua adalah Informasi mengenai Nama Lurah, alamat Kantor dan Nomor Kontak Kelurahan se-Kota Kendari.
Cara pada Fitur Pertama yaitu :
a. Pilih Menu Kelurahan;
b. Klik fitur Cari Layanan;
c. Pilih Layanan yang ingin anda ketahui, selanjutnya;
d. Akan muncul informasi lengkap mengenai jenis layanan dan syarat yang anda butuhkan contoh : izin usaha, dimana terdapat persyaratan kelengkapan dokumen yg harus dilengkapi sebelum mengurus layanan tersebut.
Cara pada Fitur Kedua yaitu :
a. Pilih Menu Kecamatan;
b. Klik fitur Cari Layanan;
b. Pilih Layanan yang anda inginkan, lalu;
c. Akan tertera Informasi lengkap tentang nama Lurah, alamat Kantor dan Nomor Kontak.

4. Menu Update data
Menu ini adalah layanan konsolidasi data NIK atau Kartu Keluarga (KK) yang di berikan pada warga yang mengalami kesulitan dalam penggunaan data kependudukan misalnya tidak bisa mendaftar BPJS, rekening Bank, SIM dll. Layanan ini tanpa harus mendatangi kantor Disdukcapil serta di buka setiap hari kerja, mulai Pukul 24.00 Wita sampai pukul 15.00 Wita. Caranya :
a. Pilih Menu Update data;
b. Isi username dan paspord lalu pilih Login/ atau klik mendaftar jika anda belum mempunyai akun;
c. Isi kolom komentar dengan nomor NIK yang terdapat pada KTP atau KK anda;
d. Jika perlukan oleh petugas maka anda perlu mengupload Foto KTP atau KK anda;
e. Klik Kirim permohonan melanjutkan atau klik batalkan jika tidak jadi;
f. Setelah itu anda akan di arahkan ke halaman Arsip update data;
g. Klik Jawaban untuk mengetahui apabila ada pertanyaan dari petugas mengenai permohonan anda (balas jika perlu);
h. Terakhir, permohonan akan diarsipkan jika Petugas sudah mengupdate data anda /atau anda tidak membalas pertanyaan petugas selama 1x24 jam (tandanya, warna hijau akan berubah menjadi hitam).

5. Menu Berita
Menu Berita adalah layanan informasi seputar pembangunan Kota Kendari, selain itu anda juga bisa langsung memberikan tanggapan melalui fitur kolom komentar. Caranya :
a. Pilih menu berita;
b. Klik atau cari berita yang anda ingin baca;
c. Berikan langsung tanggapan kamu melalui fitur kolom komentar.

6. Menu Publikasi
Menu Publikasi adalah statistik data layanan administrasi pada Disdukcapil, 11 Kecamatan dan 65 Kelurahan se-Kota Kendari. Caranya :
a. Pilih menu Publikasi.
b. Klik fitur Disdukcapil atau Kecamatan dan/ atau Kelurahan.
c. Maka akan muncul detail jumlah yang terlayani oleh Disdukcapil/ Kecamatan/ Kelurahan.

7. Menu Aduan
Menu Aduan adalah layanan menyampaikan Keluhan atau Pengaduan anda apabila menemui praktek suap, pungli dan gratifikasi atau tidak mendapatkan pelayanan maksimal. Identitas dan isi laporan pelapor tidak akan diketahui oleh publik. Untuk meggunakan fitur aduan, caranya :
a. Klik menu Aduan;
b. masukan username dan paspord lalu klik Login (yang sebelumnya anda buat saat mendaftar);
c Tulis keluhan atau aduan anda di kolom komentar;
d. Jika perlukan upload foto sebagai bukti, selanjutnya;
e. klik Kirim aduan untuk melanjutkan atau klik batalkan jika tidak jadi mengadu.
f. Setelah Kirim Aduan anda akan di arahkan ke halaman Arsip Aduan.
g. Klik Jawaban untuk mengetahui respon atas aduan anda (balas jika diperlukan).
h.Klik Tuntaskan Aduan Jika Anda merasa puas dengan respon yang diberikan, terakhir;
i. Permohonan akan diarsipkan jika petugas sudah menuntaskan aduan anda/atau anda tidak membalas respon petugas selama 1x24 jam (tandanya, warna hijau akan berubah menjadi hitam).

8.Menu Cek Blanko
Dalam Menu ini Anda dapat mengecek langsung jumlah blanko KTP-el dan KIA yang tersedia hari ini pada Disdukcapil Capil Kota Kendari. Caranya :
a. Klik menu Cek Blangko, lalu ;
b. Lngsung tertera jumlah Blangko yang tersedia Disdukcapil saat ini.

9.Menu Kontak
Dalam Menu ini anda akan menemukan kontak penting seperti, kontak JARI Inspektorat, Disdukcapil Kecamatan dan Kelurahan. Caranya :
a. Klik menu Kontak;
b. Lalu akan tertera nomor Hp JARI Inspektorat dan JARI Disdukcapil;
c. Untuk di Kontak JARI Kecamatan dan JARI Kelurahan anda dapat mencari/ atau menulis nama Kecamatan atau Kelurahan yang anda inginkan melalui kolom pencarian, setelah itu akan muncul nomor Kontak JARI Kecamatan dan Kelurahan yang anda butuhkan.

10.Menu Antrian Disdukcapil
Menu Antrian Disdukcapil adalah layanan antrian realtime yang bisa anda dapatkan tanpa harus mendatangi kantor Disdukcapil Kota Kendari. Layanan ini buka setiap Hari Keja, mulai Pukul 04.00 Wita. Caranya :
a. Klik Tombol Ambil Antrian;
b. Isi Username dan Paspord anda lalu pilih Login;
c. Pilih layanan yang anda butuhkan;
d. Klik Tombol AMBIL ANTRIAN, lalu;
e. Nomor Antrian Anda Akan Langsung Tersedia.
Catatan : Anda dapat melihat antrian yang sedang terpanggil, caranya cukup merefresh atau mengusap layar Hp anda dari atas kebawah. Khusus untuk pilihan ganti ktp-el (hilang, rusak, dan perubahan data) mempunyai kuota 75 antrian setiap hari dan apabila telah mencapai kuota, maka pilihan tersebut akan hilang dari menu layanan. Kuota ini diatur secara otomatis oleh system komputer. Sebelum mengambil antrian Mohon perhatikan syarat mendapatkan layanan pada menu Disdukcapil.

11. Menu Inspektorat
Menu ini berisi Profil lengkap seperti dasar pembentukan dan nama pejabat Inspektorat, selain itu juga terdapat Informasi mengenai Alamat Kantor Inspektorat Kota Kendari berdasarkan Peta Digital. Caranya :
a. Klik Menu Inspektorat;
b. Lalu klik Lihat Profil, selanjutnya ;
c. Dilayar akan tampil Profil Lengkap Inspektorat Kota Kendari.

  • Komentar:
  • Limbang Saputra 1 Thn
    message user image
    Baru dicoba
    Razikin Rahman 1 Thn
    message user image
    Good lah
    Pratiwi Cahyani Yusuf 1 Thn
    message user image
    Good Job ????????
    La Udin Al Pancho 1 Thn
    message user image
    Mantapp, tp harus cpt pergi ke dukcapil krn cpt melaju no antriannya
    JARI-Jaga Kendari 1 Thn
    message user image
    Terima kasih atas dukunganya, terus gunakan Aplikasi jari. Urus keperluan kmu sendr dgn jari
    Nasaruddin 1 Thn
    message user image
    Mantap JARI teruslah di kembangkan..
    Elis Maya Sari 1 Thn
    message user image
    Assalamualaikum. Dalam pilihan ambil antrian tdk ada menu pembuatan KK baru. Tolong arahanya.
    Hendryanti 1 Thn
    message user image
    Untuk perubahan penulisan (nama) dlam KTP atau KK pilihan menunya yg mana yachh untk pendftaran CASN??