Plt. Kadis Dukcapil Kota Kendari, Ir. Agus Salim, MS

Apakah KTP-el Kadaluwarsa Bisa Digunakan ??

e-govDiskominfo | 15 Apr 2021 00:09:21 | Copy Link Berita

JARI - Sejak diberlakukan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan, Pemerintah melalui Disdukcapil giat mensosialisasikan penggunaan KTP elektronik (KTP-el) untuk seluruh warga Indonesia.

Namun, diketahui pula masih banyak warga kebingungan mengenai keabsahan menggunakan KTP-el yang masih tercantum masa berlakunya.

Untuk menjawab hal tersebut, kami berkesempatan menyambangi Plt. Kadis Disdukcapil Kota Kendari, Ir. Agus Salim, MS di ruang kerjanya.

Menurut mantan Kadis Perikanan tersebut bahwa KTP-el yang telah melewati masa berlakunya masih tetap bisa digunakan, menurutnya hal tersebut sesuai dengan aturan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013

"Sesuai dengan aturan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 yang menyatakan KTP berlaku seumur hidup Apabila KTP-el ada masa kadaluwarsanya maka itu akan tetap berlaku" jelasnya. Rabu, (14/04/21)

Esensinya yaitu KTP-el berlaku untuk seumur hidup, tak perlu dibuat ulang meski tercantum telah melewati masa berlakunya. Tutup Agus.

  • Komentar: