Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir saat melakukan test drive Hyundai Ionic

Wali Kota Jajaki Kerjasama Dengan Hyundai Motor Indonesia

e-govDiskominfo | 18 Apr 2021 16:58:08 | Copy Link Berita

JARI - Rencana H. Sulkarnain Kadir mengganti kendaraan Pemkot dari yang berbahan bakar fosil menjadi elektric begitu serius. Setelah sebelumnya melaunching Sigesit motor listrik, Wali Kota kembali menjajaki kemungkinan kerjasama dengan salah satu pabrikan asal negeri gingseng, Korea Selatan.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Hyundai Motor Indonesia Jakarta, Jumat (16 /04), Sulkarnain mendengarkan penjelasan detail mengenai kendaraan bertenaga listrik serta bentuk kerjasama lainnya dengan Hyundai elektric di Kota Kendari.

"Ini merupakan langkah awal dalam mengkonversi kendaraan dinas Pemkot menggunakan kendaraan listrik dengan harapan menjadi solusi lingkungan dan efesiensi anggaran pemerintah Kota Kendari." Terang Sulkarnain.

Pada kesempatan tersebut, Tak lupa Wali Kota Kendari juga menjajaki langsung salah satu produk teranyar dari Hyundai, Ionic yang disaksikan langsung oleh manajemen PT. Hyundai Motor Indonesia.

Sebagai informasi Ioniq adalah mobil listrik futuristik yang dibuat oleh Hyundai Motors Indonesia (HMI) dan resmi mengaspal di Nusantara Tahun lalu (2020). Ioniq sendiri merupakan mobil listrik murni baterai termurah di Indonesia saat ini.

Powertrain dari Hyundai Ioniq menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan ber akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik.

Jarak tempuh Hyundai Ioniq mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW (DC).

Kelebihan lain Hyundai Ioniq ini juga bisa dicharging di rumah (standar) dari titik nol hingga 100 persen memakan waktu 17 jam 30 menit, AC Charging 6 jam 5 menit.

  • Komentar: