Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari. drg. Rahminingrum P, M.Kes.

Peringati Hari Diabetes Nasional, Drg. Ningrum Ajak Warga Metro Terapkan Pola Hidup Sehat

e-govDiskominfo | 20 Apr 2021 17:59:50 | Copy Link Berita

JARI - Setiap tahun tanggal 18 April kita selalu memperingati Hari Diabetes Nasional. Untuk itu Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kesehatan terus menghimbau warga agar selalu peduli akan Diabetes.

Ditemui diruang kerjanya (selasa, 20/04/21) Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Ibu drg. Rahminingrum P, M.Kes mengharapkan melalui peringatan Hari Diabetes Nasional kali ini dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat akan bahaya Diabetes

"Diharapkan, melalui peringatan Hari Diabetes Nasional dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat akan Diabetes dimulai dari pencegahan, pengenalan ciri, pemahaman faktor risiko, hingga penanganan lebih lanjut" Harapnya

Terakhir, Pesan drg. Rahmaningrum mari terapkan pola hidup sehat. "Mari senantiasa menerapkan pola hidup sehat, agar terhindar dari penyakit diabetes dan penyakit lainnya, Salam Sehat" Tutupnya.

Di Indonesia sendiri di perkirakan tahun 2030 angka penderita dapat mencapai 21,3 juta jiwa (Kemenkes, 2009). Dilansir dari wikipedia, Diabetes adalah penyakit tidak menular yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin atau karena penggunaan yang tidak efektif dari produksi insulin. Adanya peningkatan gula darah merupakan gejala umum yang tidak bisa terkontrol pada penderita diabetes dan akhirnya akan membawa ke dampak yang lebih serius bagi tubuh.

Dilihat dari penyebabnya Diabetes terbagi menjadi dua tipe yakni, tipe 1 yang disebabkan keturunan dan tipe 2 yang disebabkan gaya hidup. Secara umum, dari semua penderita diabetes di dunia sekitar 80% menderita diabetes tipe 2.

  • Komentar: