Foto : Sekda Kota Kendari bersama Inspektur, Kepala BKPSDM saat rapat MCP

Pemkot Dan KPK Bahas WBS Dalam Rakor MCP

e-govDiskominfo | 27 Apr 2021 22:15:00 | Copy Link Berita

JARI - Inspektorat gelar Rapat Koordinasi bersama KPK terkait Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi terkait monitoring Control for Prevention (MCP)

Dalam kegiatan tersebut turut dibahas mengenai Whistle Blowing System yaitu sistem yang diupayakan agar pihak internal dapat melaporkan terjadinya pelanggaran atau penyimpangan dalam internal lembaga yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi, kolusi, nepotisme serta penyalahgunaan wewenang/ jabatan dan adanya hambatan dalam pelayanan

Pemerintah Kota Kendari melalui Inspektorat juga berencana membuat saluran pengaduan WBS melalui platfom aplikasi. Diharapkan, melalui Platfom tersebut dapat mendorong ASN melaporkan suatu perbuatan yang berindikasi pada terjadinya pelanggaran atau penyimpangan.

Selain itu juga dapat mendorong adanya regulasi bagi kepala daerah untuk memberikan reward bagi pengadu yang betul aduannya atau memberikan sanksi kepada yang memberikan laporan aduan palsu. Selain itu, WBS dimungkinkan untuk melindungi pelapor.

Selanjutnya bagaimana agar APIP sebagai pengawas intern pemerintah dapat melakukan koordinasi serta konsolidasi dalam system WBS guna menindaklanjuti aduan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dirancang.

Dalam Rakor tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Inspektur, Kepala BKPSDM serta Jajaran Inspektorat Kota Kendari.

  • Komentar: