Plt. Kadis Dukcapil Kota Kendari, Ir. Agus Salim

Transgender Harus Tercatat Dalam Data Kependudukan

e-govDiskominfo | 03 May 2021 17:05:14 | Copy Link Berita

JARI - Berdasarkan amanah UU Nomor 24/2013 jo UU No. 23/2006 tentang Adminduk, bahwa semua penduduk WNI harus didata dan harus punya KTP, Kartu Keluarga agar bisa mendapatkan pelayanan publik dengan baik.

Melalui hal tersebut diatas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari mengaku akan memperlakukan transgender sama dengan Penduduk WNI lainya, yakni membantu dalam pembuatan dokumen kependudukan termasuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

“Kami bukan mendukung adanya transgender, tapi kami inginkan juga diperlakukan sama dengan penduduk WNI lainnya, harus tercatat dalam data kependudukan, supaya mereka juga punya hak menerima bantuan-bantuan seperti Bansos, BPJS, dan lainnya,”imbuh Agus Salim, Sabtu (01/05/2021).

Agus Salim mengatakan, hal tersebut berdasarkan arahan Direktorat Jendral (Dirjen) Kementrian Dalam Negri (Kemendagri).

Selain itu dia juga menjelaskan, terkait pengisian kolom jenis kelamin, pencatatannya tetap berdasarkan jenis kelamin asli. Kecuali, bagi mereka (transgender) yang telah ditetapkan oleh pengadilan mengubah jenis kelamin.

“Kalau jenis kelamin awalnya perempuan, ya harus ditulis perempuan, kecuali ada putusan yg otentik perubahan jenis kelamin berdasarkan putusan pengadilan. Tidak boleh dirubah semaunya tanpa ada bukti otentik dari putusan pengadilan. Kalau ada putusan pengadilan, kami merekam data berdasarkan verifikasi data dukung yang otentik,” ujarnya.

  • Komentar: