Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, SE, Ak, MSA

Tiga Fungsi Tambahan Inspektorat Yang Wajib Kamu Ketahui

e-govDiskominfo | 13 Jul 2021 01:00:06 | Copy Link Berita

JARI - Inspektorat Kota Kendari merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berfungsi, membantu Wali Kota dalam mengawasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Inspektorat juga merupakan pengawas lingkup internal atau yang umum dikenal sebagai Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

Untuk memperkuatnya, Inspektorat Kota Kendari berkoordinasi dengan instansi sesama APIP (Itjen Kementerian dan BPKP) dan instansi pemeriksa Eksternal (BPK) serta lnstansi Aparat Penegak Hukum (APH) seperti Kepolisian, Kejaksaan, KPK termasuk organisasi lainnya seperti Ombudsman dan lain-lain.

Inspektur Kota Kendari Syarifuddin SE, Ak.,MSA saat di temui menerangkan, Inspektorat memiliki tiga tambahan fungsi yakni, menjamin penyelenggaraan Pemerintah dari level perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

"Selanjutnya sebagai tempat berkonsultasi dan koordinasi baik secara eksternal maupun internal.Terakhir, inspektorat diamanahkan untuk mencegah korupsi seperti reformasi birokrasi, zona integritas, wilayah bebas korupi serta sebagai koordinator Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN),"Ungkapnya

Lebih lanjut ia menerangkan, Inspektorat memiliki tugas dasar sebagai pengawasan terkait dengan pelaksanaan tupoksi serta urusan pada masing - masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Kota Kendari.

"Baik yang wajib ataupun pilihan, pengawasan pembinaan Aparatur Sipil Negara serta non ASN, pengawasan pengeluaran barang daerah dan pengawasan pengelolaan keuangan daerah,” Tutp Inspektur

  • Komentar: