Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, SE, Ak, MSA

Monev PPKM Dan Penyerapan APBD, Laporan Pemkot Kendari Tepat Waktu

e-govDiskominfo | 29 Jul 2021 06:06:54 | Copy Link Berita

JARI - Inspektorat Kota Kendari bersama Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta Pemda Kabupaten Kota Se-Sultra, Jawa Timur dan Kalimantan Utara lakukan rapat virtual melalui media Zoom Meeting.

Rapat tersebut membahas mengenai Monitoring hasil Penginputan Asistensi Dan Monev Pelaksanaan PPKM Dan Penyerapan APBD 2021.  Rabu, (28/07/2021)

Dr. Elfian Elyas, M.Si, CRGO, CGCAE menjelaskan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus mengawal  Pelaksanaan PPKM dan Penyerapan APBD 2021 karena hal ini menunjukkan Komitmen APIP dalam mengawal pelayanan publik dimasa pandemi saat ini. 

“Agar apa yang dititipkan masyarakat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) bisa tersalurkan dengan baik melalui penyerapan APBD, masyarakat menunggu kehadiran APIP dan OPD harus kita asistensi dalam melakuan pelayanan sebagai wujud dari Peran APIP sebagai Assurance/ penjamin mutu.” Ungkap Inspektur III Irjen Kemendagri.

Dalam rapat tersebut juga diketahui, Pemkot Kendari tepat waktu menyampaikan laporan hasil Asistensi Monev Pelaksanaan PPKM dan Penyerapan APBD Tahun 2021 ke Kemendari.

Di temui di ruang kerjanya Inspektur Kota Kendari Syarifuddin SE, Ak., MSA menyambut baik capain Pemkot Kendari.

“Alhamdulillah, atas arahan dari Bapak Walikota Pemkot Kendari tepat waktu menyampaikan laporan hasil Asistensi Monev Pelaksanaan PPKM dan Penyerapan APBD Tahun 2021 periode sampai dengan 15 Juli 2021, pelaporan selanjutnya adalah Periode 16 s.d 31 Juli 2021.” Ujarnya.

Inspektorat sebagai APIP memiliki peran sebagai assurance atau penjamin kualitas laporan.

"Di sinilah peran vital Inspektorat sebagai assurance penjamin kualitas laporan PPKM dan Penyerapan APBD Tahun 2021, sebab Laporan ini merupakan  kompilasi dari beberapa OPD yaitu  BKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Perizinan dan satpol PP untuk  data PPKM"

Terakhir Inspektur kembali menjelaskan, "laporan tersebut di ketahui hambatannya  serta di berikan solusi bahkan rekomendasi perbaikan.” Bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Eni Misni Arwati,SE. M.Si juga menjelaskan peranan Inspektur serta tujuan Asistensi Pelaksanaan PPKM dan Penyerapan APBD Tahun 2021.

“Peranan Inspektur selaku  Penanggung jawab Asistensi Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan PPKM Dan Penyerapan APBD Tahun 2021"

"Tujuan Asistensi Memberikan pendapat  terhadap Pelaksanaan PPKM dan Penyerapan APBD Tahun 2021 serta Membantu Walikota untuk percepatan penanganan Pelaksanaan PPKM Dan Penyerapan APBD Tahun 2021.” Jelas Sekretaris Inspektorat Kota Kendari.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 903/145/SJ tanggal 12 Januari 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2021 dan kemudahan Investasi di Daerah dalam rangka Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Daerah dan  SE 050/1411/IJ TANGGAL 6 JULI 2021 Ruang Lingkup Pelaksanaan PPKM dan Penyerapan APBD

  • Komentar: