Kadis Dukcapil Kota Kendari, Iswanto Donge S.Sos., M.Si.

Iswanto : Disdukcapil Siap Menjalankan Amanat Walikota Dengan Sistem Jemput Bola

e-govDiskominfo | 06 Aug 2021 13:06:52 | Copy Link Berita

JARI - Terus mendorong tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) warga, Walikota Kendari H.Sukarnain gelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Dinas Dukcapil, Inspektorat, Camat dan Lurah dalam rangka Percepatan Pelayanan Dokumen Adminduk (Percepatan Perekaman dan Penerbitan KTP-El, Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Dokumen Kependudukan Lainnya) di Media Centre Rujab Wali Kota Kendari, Kamis (5/8)21).

Dalam rakor yang dipimpin Walikota tersebut, Disdukcapil diminta untuk mulai memperbaiki data kependudukan di Kota Kendari, agar data kependudukan tersedia dengan baik dan bisa digunakan untuk pengambilan kebijakan.

Ketersediaan data kependudukan sangat dibutuhkan untuk mengambil sebuah kebijakan agar keputusan yang diambil tepat sasaran dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Kebijakan diambil tidak berdasarkan data yang valid, tidak berdasarkan informasi yang jelas khususnya data kependudukan maka yakin saya kebijakan itu tidak berjalan dan tidak memberikan efek yang maksimal," jelasnya.

Seperti pemberian bantuan, jika data tidak tersedia, maka pemerintah akan kesulitan menentukan kebijakan yang tepat.

Terkait perbaikan data ini, wali kota Kendari memberikan target Disdukcapil Kota Kendari untuk bisa menyusul Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam memberikan layanan prima sehingga mendapatkan nilai B plus dari Kementerian PAN RB.

Sulkarnain juga menambahkan, dengan tersedianya data dengan baik akan berdampak terhadap banyak hal, terutama dalam pengambilan kebijakan, mengakses program pusat dan tentunya memberikan hak-hak masyarakat.

"Data kependudukan itu sebagai dasar untuk semua program, saya minta teman-teman capil sadari bahwa peran teman-teman sebagai basis data yang akan digunakan seluruh instansi tidak hanya pemerintah kota tapi sampai pusat," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Dukcapil Kota Kendari Iswanto Donge menyatakan siap melakukan Percepatan Pelayanan Dokumen Adminduk dengan sistem jemput bola.

“Dimulai senin depan, kami akan turun melakukan Pelayanan Dokumen Adminduk dengan sistem jemput bola langsung kelurahan-kelurahan, jadi warga tinggal mendatangi kantor kelurahan tanpa harus lagi datang kekantor Disdukcapil.” Ungkapnya.

Iswanto juga menambahkan, sejumlah data kependudukan Kota Kendari diantara data penduduk sejak tahun 2018 hingga semester pertama tahun 2021.

2018 jumlah penduduk kota Kendari sebanyak 340.102, 2019 sebanyak 341.779, 2020 sebanyak 343.202 dan semester satu 2021 sebanyak 343.320.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri langsung Sekda, Inspektorat dan seluruh camat, sedangkan seluruh lurah mengikuti rapat secara virtual.

  • Komentar: