Wali Kota saat menerima penghargaan dari perwakilan Menkeu RI

Raih WTP, Pemkot Kendari Di Ganjar DID Dari Menkeu RI.

e-govDiskominfo | 08 Oct 2020 01:48:38 | Copy Link Berita

JARI - Setelah sebelumnya meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 dari BPK RI, Pemerintah Kota Kendari dibawah kendali H. Sulkarnain Kadir kembali diganjar penghargaan DID (Dana Insentif Daerah) sebesar Rp43,87 Miliar dari Menteri Keuangan RI.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ka. Kanwil DJPBN Sultra, Arif Wibawa yang diterima langsung oleh H. Sulkarnain Kadir di pendopo rumah jabatan Wali Kota. Rabu (7/10/2020).

Arif menjelaskan "Ditahun 2019 DID Kota Kendari berjumlah Rp.32,36 Miliar sementara di Tahun 2020 ini meningkat menjadi Rp.43,87 Miliar sehingga terdapat kenaikan sebesar Rp.11,5 Miliar, tentu di tahun berikutnya (2021) semakin meningkat lagi," Jelasnya.

Menurutnya, DID bisa dipergunakan untuk membantu pembangunan Kota Kendari, ditambah tingkat kemandirian Kota Kendari terhadap Pemerintah Pusat sebelum kasus Covid-19 sebesar 20,59 persen, yang berada di bawah Pemda Sultra sebesar 35 persen.

Tidak lupa Arif juga menyarankan, "Kiranya dana transfer dari Pemerintah Pusat dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk Program Pemerintah Kota dalam mendukung peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah)". Sarannya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung meraih penghargaan tersebut "Untuk meraih hasil ini butuh kerja keras, butuh koordinasi, butuh solidaritas dari seluruh jajaran Pemerintah Kota Kendari. Ini adalah kerja keras bersama, semua stakeholder tak hanya Pemerintah namun juga DPRD Kota Kendari serta dukungan pihak eksternal". jelasnya.

Sulkarnain juga menambahkan, untuk memperbaiki pengelolaan keuangan Pemkot Kendari perlahan mulai menggunakan sistem Elektronik, dari manual ke digital.

DID merupakan penghargaan atas perbaikan dan pencapaian kinerja di bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum Pemerintahan, pelayanan dasar publik dan kesejahteraan masyarakat, dimana dari 17 Pemda se-Sultra, Kota Kendari yang pertama mendapat Penghargaan dari Menkeu RI tersebut. (Chiwank)

  • Komentar: