Wali kota dan Wakil Wali Kota Kendari

Wali Kota Kendari Melaunching Program JARI

e-govDiskominfo | 29 Aug 2020 08:48:06 | Copy Link Berita

JARI - Wali Kota Kendari H Sulkarnain telah resmi me-launching program Jaga Kendari (Jari). Program ini disebut-sebut telah terintegrasi dengan program KPK jaga.id yang memiliki fuingsi sama sebagai layanan mengawal pemerintahan.

“Program Jari merupakan gagasan Inspektorat untuk melindungi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dari potensi Suap, Pungli, dan Gratifikasi (SPG),” ujarnya, Senin (3/8).

Oleh karenanya, dia harap, program Jari bisa dimanfaatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Kendari dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakan, program tersebut disambut baik KPK. Pasalnya, program tersebut sejalan dengan program KPK yang diharapkan bisa langsung terkoneksi dengan aplikasi KPK. Sehingga, tambah dia, apa yang dilakukan melalui program Jari ini bisa dipantau dan dimonitor langsung KPK.

“Kita berharap hadirnya program tersebut bisa menjadi motivasi bersama seluruh jajaran lingkup Pemkot Kendari hingga level kecamatan dan kelurahan. Supaya pelayanan publik nanti bisa semakin efisien dan cepat dalam memberi akses. Itu harapan kita,” paparnya.

Sementara, Inspektur Inspektorat Kota Kendari Syarifuddin mengatakan, tahap awal program tersebut berfokus pada layanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi), serta seluruh kecamatan dan kelurahan.

“Disdukcapil, kecamatan dan kelurahan paling banyal beriteraksi dengan masyarakat. Yakni, setiap hari sekitar 200-300 orang atau sekitar 10 ribu dalam sebulan membutuhkan layanan adminismistrasi,” terang Syarifuddin.

  • Komentar: